Sabtu, 02 Juli 2011

Pantai Karang Nini ( Ciamis )

Karang Nini merupakan obyek wisata yang terletak kurang lebih 45 Km dari Kota Banjar menuju Pangandaran. Tempat ini  merupakan perpaduan antara Hutan dan Pantai Samudra Indonesia yang mempunyai pemandangan yang indah dengan hamparan hutan jati yang luas dan rimba yang masih alami. 

Disebut Karang Nini karena masyarakat sekitar percaya bahwa tempat ini merupakan simbol cinta dan kesetiaan sejati antara kakek (aki dalam bahasa Sunda) dan nenek(nini dalam bahasa Sunda), konon pada saat itu si Aki pergi ke laut untuk memancing hingga akhirnya tidak pernah kembali lagi, lalu si Nini meminta dan memohon kepada Ratu Pantai Selatan untuk di pertemukan dengan sang kekasih hatinya itu, tak lama kemudian munculah sebuah karang yang mengambang sebagai perwujudan jasad Si Aki, batu karang tersebut dinamakan Bale Kambang yang apabila setiap orang yang berdiri di atas nya akan merasa bergoyang. Setelah itu Si Nini lalu bersemedi dan meminta agar selalu berdekatan dengan Si Aki tak lama kemudian dikabulkanlah permintaannya dan menjelmalah Si Nini menjadi sebuah Karang yang tepat menghadap kearah Bale Kambang. 

Obyek wisata Karang Nini juga menyediakan menara pandang yang terletak diatas bukit di tujukan bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan yang luas dan indah dari atas. Selain itu dikawasan Karang Nini juga terdapat obyek wisata lain seperti Mata Air Sumur Tujuh yang dipercaya dapat membuat awet muda dan Aquarium alam di muara Cipangbokongan yang sangat menarik disaat air laut surut, para pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan hias yang terjebak di relung – relung terumbu.  Obyek wisata ini berada pada jalur wisata Ciamis Pangandaran. 

Jarak dari Bandung sekitar 200km atau 80 km dari kota Ciamis, 10 km dari pantai pangandaran kearah timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar